Selasa, 04 Oktober 2016

Me vs Kerajaan Minyak: Perjalanan Mencari Eyeliner

Hai semua. Finally saya mutusin buat blogging lagi setelah vakum setahunan.

Oke, terus kenapa tau-tau saya muncul lagi tapi ngomongin eyeliner?

Nope, sebelumnya saya jelasin kalo saya nggak ada niatan jadi beauty blogger. Memang betul belakangan saya suka make-up dan suka pake make-up (karena faktor umur dan faktor tuntutan kerjaan), tapi saya purely kepengen ngomongin eyeliner just because buat saya topik ini: 1) bisa banget diceritain 2) lumayan lama menjadi concern dan menyita pikiran saya 3) welp, saya rasa banyak orang mengalami problema yang sama seperti saya, tapi nggak kunjung nemu solusinya. Nah, by posting this, I wish I can help those who are in similar situation as I was 2 or 3 years ago.

Mari kita mulai dengan membahas, ada apa antara saya dengan eyeliner?



Jadi, eyeliner adalah awal saya mengenal make up. Eyeliner adalah kosmetik pertama yang pengen saya coba, yang paling pertama saya pelajarin, dan yang paling pertama bikin saya frustasi.

Sebelum akhir tahun 2013, saya adalah tipe cewek yang nggak ngerti kenapa kaum hawa itu perlu merias diri. Saya nyaman sama diri sendiri, betapapun urakannya, betapapun jomblonya :v, betapapun tempat kemana saya mau pergi itu tempat #bagus #mevvah #berkelas, dan cewek normal pasti bakal dandan kalo pergi ke tempat kayak gitu.... pokoknya saya geli banget sama segala hal berbau kosmetik dan toolsnya deh. Terus fast forward biar jadinya nggak curcol, pendek kata, segalanya berubah begitu mentemen saya yang tadinya juga cuek mulai pakai make up, dede saya mulai pakai make up, dan keharusan untuk menjaga penampilan mulai membayang di depan mata karena sebentar lagi saya memasuki dunia kerja.

Ditambah lagi, saya juga sering denger komentar-komentar yang intinya sama, tapi diutarakan oleh lawan bicara yang berbeda. Kejadiannya selalu pas saya dipaksa buat dipakein make up. Intinya sih begini:

"Mata kamu sipit, dan ujungnya turun, jadi kudu banget pake eyeliner."

Maka, berbekal semangat untuk menjadi lebih cantik dan rapi, saya bertekad untuk belajar merias diri. Dan langkah awalnya adalah dengan belajar memakai eyeliner.

Ini eyeliner pertama saya:


1) Maybelline Lasting Drama Gel Liner



Saya nggak inget harganya berapa, karena waktu itu dibeliin mama (kan belum berpenghasilan HEHE). Sekali nyoba setelah diajarin dede, saya bisa sedikit-sedikit, dan mulai centil pake keluar rumah. Terus berubah jadi bencana pas sore-sore saya iseng pake lagi buat latihan, dan ehh ternyata ngebikin garisnya ga bisa rapi, menclok sana menclok sini. Terus saya hapus, pakai, hapus, pakai, hapus, pakai. Frustasi. Area sekitar mata saya pun mulai berubah jadi kayak mata panda. Besoknya merah dan bengkak. Trauma. Nggak bersentuhan lagi sama eyeliner sampai berbulan-bulan.

Eniwei, saya lupa jelasin kalo mata saya dulu bentuknya lumayan troublesome. Bukannya nggak ada lipetannya, tapi lipetannya ada di dalem gitu (yang artinya kalo mata saya kebuka lebar, sama aja kayak nggak punya lipetan mata). Satu problem lagi yang belum saya jelasin tapi ada di judul, adalah kulit muka saya yang BERMINYAK BANGET, termasuk kelopak matanya. Jadi eyeliner ini emang bukan jodoh saya waktu itu karena kombinasi yang nggak pas:

- ke-nyaris-tiada-an lipatan mata,
- minyak wajah yang bikin garis eyeliner makin gampang smudged begitu lipatan itu tenggelam,
- dan konon gel-liner emang ga suitable buat n00b ga berbakat kayak saya.

Sekarang pun, saya masih belum punya dorongan dan cukup alasan buat kembali nyobain gel liner, jadi kemungkinan saya emang nggak bakal beli eyeliner ini lagi.

Lanjut ke eyeliner berikutnya.


2) Maybelline Color Show




Ini eyeliner kedua saya, yang saya beli sendiri setelah mulai kerja kantoran. Kurang lebih pertengahan atau akhir tahun 2014, saya mulai ngerasain tekanan dari tampang bocah ga gede-gede babyface saya yang somewhat bikin saya ngerasa bikin rekan-rekan kantor saya nggak bisa mandang saya secara profesional. Waktu itu ada kejadian yang bikin saya impulsively mampir ke Watson terdekat buat cari eyeliner. Sekalipun begitu, saya gamau keluar duit banyak-banyak buat hal yang sempet bikin saya trauma, jadi saya beli eyeliner ini seharga 35k (harga dulu).

Yang cuma bertahan dipake sekitar dua mingguan. Nggak bisa protes sih, harganya kan cuma segitu. Wujudnya krayon, buat dipake harus diputer dulu. Ngga tau ya karena tekstur muka saya kayak badak, atau terlalu berminyak, atau apa gimana saya nggak ngerti--tapi sangat gampang patah (yang bikin isinya makin cepet habis). Dipakai kurang dari satu jam, apalagi ditambah keringetan, bakal langsung smudged, bleberan kemana-mana sampai dibandingin sama mata panda aja masih terlalu imut... lebih mirip sama riasan mata Kayako barangkali.

Pokoknya cuma bertahan dua minggu, terus I gave up on it. Saya nggak pake rutin lagi, cuma disimpen di dasar tas buat jaga-jaga kalau perlu banget.

To be fair, eyeliner Color Show dari Maybelline ini punya beragam pilihan warna, termasuk warna-warna yang nggak umum kayak orange. Dan harganya juga bersahabat. Kalau dibeli sama wanita-wanita cantik berkulit mulus yang jarang minyakan *iri dengki*, mungkin jadinya worth it. Tapi buat saya sih, nggak akan lagi-lagi beli ini hahaha.

3) THE ONE Eyeliner Stylo dari ORIFLAME

Saya udah nggak nyimpen barangnya. Pinjem gambar dari: https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2015/10/20/5545925/5545925_f8d7aae5-efeb-46f3-8e02-0299577b3f57.jpg

Kebetulan aja, temen kantor saya ada yang sambilan jualan ORIFLAME. Waktu itu eyeliner ini lagi promo, kalau nggak salah saya cuma keluar duit around 70k. Saya beli yang warnanya cokelat, karena temen saya yang lain bilang kalo eyeliner ini nggak segitunya rawan smudge buat kulit wajah dia yang juga minyakan.

Hasilnya... tetep nggak bagus juga buat saya. Tintanya kelewat cair, sedangkan kuasnya rada kaku dan keras. Kalau mau pakai harus dikocok dulu biar tintanya merembes dan bikin ujung kuas jadi sedikit lemes, BUT begitu ujungnya ditempelin ke mata, garisnya bleber dan berantakan karena yaaa tintanya memang agak terlalu cair. Lebih tahan lama dari eyeliner sebelumnya--yah, bisa lah bertahan tiga jam sebelum dirusak oleh pasukan kerajaan minyak. Tapi buat ukuran 70k harga promo (belum harga asli yang 100-an k), rasanya banyak yang lebih worth the price.

4) ETUDE HOUSE Proof 10 Autopencil




Saya beli karena ada tulisannya WATERPROOF (saking sebelnya, walo harusnya saya cari OILPROOF sih, cuma saya berasumsi ya barangkali seenggaknya ini lebih bisa diandalkan ketimbang yang ga ada embel-embel "proof"-nya). Eniwei saya kasitau dulu kalo saya nggak beli ini di gerai ETUDE, saya beli di salah satu olshop melalui Qoo10. Olshop langganan saya di sana namanya BeautyKorea, just in case kalian butuh rekomendasi. Harganya around 70k.

Dibandingkan dengan yang sama-sama jenis krayon juga di atas, si Maybelline Color Show, kualitas Proof10 ini sedikit lebih oke, meski beda harganya lumayan jauh. Isi krayonnya sama-sama gampang patah (walau ada juga kemungkinan hal itu disebabkan oleh kondisi muka saya aja yang selicin permukaan bulan), tapi pengaplikasiannya lebih mulus dalam artian lebih gampang ngegambar garisnya. Soal tahan lama nggaknya, dia bisa nempel dengan hanya sedikit smudged selama kurang lebih 4-5 jam, dengan catatan nggak pake keringetan di halte dulu nungguin bus transjak yang datengnya setengah jam sekali.

To be fair, kalau memang Proof10 yang saya beli ini bukan produk ori--yang saya ragukan, karena olshop langganan saya itu konon lumayan trusted, ada kemungkinan kualitas produk aslinya bisa lebih bagus dari yang saya review. Tapi produk ETUDE yang dibeli langsung di gerainya mahal, dan saya terlalu pelit buat spend money sebanyak itu demi make up. Dan dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf karena saya termasuk sangat picky untuk ukuran wanita cheapskate :v. Mohon memaklumi karyawati bergaji pas-pasan yang maksa kepingin tampil cetar.

5) MAYBELLINE HyperSharp Liner




Lelah sama eyeliner-eyeliner yang kelewat cupu untuk melawan kerajaan minyak, akhirnya saya CLBK sama Maybelline. Awalnya sih, mama saya yang beli eyeliner jenis ini (saya mah udah sensi aja sama Maybelline gegara dua eyeliner sebelumnya). Namun, pada suatu hari, kebetulan entah ada angin apa gitu, saya tergerak kepengen cobain, dan eh ternyata pengaplikasiannya super gampang! Ternyata betul pen liner emang yang paling mudah dari segala bentuk eyeliner lainnya (*sambil tendang eyeliner crayon ke laut*), tapi dengan catatan kalau kuasnya bagus ya :v.

Sama kayak Proof10, eyeliner ini bisa bertahan dari serangan kerajaan minyak sekitar 4-5 jam. TAPIII, kebetulan waktu itu saya juga diajarin sebuah trik berguna oleh kakak sepupu saya yang memperkenalkan eyelid tape. Buat yang nggak familier sama eyelid tape, ini dia yang saya maksud:

Mata saya nggak secantik itu. Gambar boleh dipinjem dari: dari http://thumbs4.ebaystatic.com/d/l225/m/mWxEymwEZNe53GOIMrn9hZA.jpg
Eyelid tape ini adalah superhero penyelamat gadis-gadis jelata yang nggak punya dan hampir nggak punya lipatan mata kayak saya, dan dengan strategi yang tepat, bisa juga menyelamatkan kelopak mata para budak yang dijajah sama kerajaan minyak. Sejauh ini dua strategi pemakaian eyelid tape saya adalah sbb:

A. Tempel eyelid tape di sepanjang tepian garis mata yang harusnya menjadi lipatan, kemudian dengan menggunakan eyeliner, warnain permukaan tape-nya
B. Tempel eyelid tape 1-2 mm di atas tepian garis mata, kemudian isi area kosongnya dengan eyeliner

Kedua cara tsb mampu menghalangi pasukan kerajaan minyak supaya nggak menginvasi eyeliner yang sudah saya gambar dengan sepenuh hati. Kalaupun dengan cara B kulit yang dilapisi eyeliner tetap bakalan sedikit berminyak as time goes by, dia tetap nggak akan bleberan, karena kelopak mata saya sudah dibentengi oleh si eyelid tape. Pertama kali nyoba, saya pakai cara A dan melapisi permukaan tape dengan warna dari eyeliner HyperWing, dan jadilah eyeline yang tahan sampai selesai jam kantor(!). Ga pake acara smudged (kecuali saya khilaf dan ga sengaja kucek-kucek mata sampe semuanya rusak :D ).

Just for reference, eyelid tape yang paling sering saya beli merknya Maycare, sambil ngasih honorable mention buat eyelid tape-nya Kay Collection juga. Buat yang males pake eyeliner manual sama sekali, bisa coba eyeliner tape mereka yang berwarna hitam sekalian (instead of transparan).


Kembali ke ulasan eyeliner HyperWing, yang sejauh ini merupakan satu-satunya eyeliner Maybelline yang saya suka banget, dan bahkan sampai sekarang masih saya simpan di make up pouch yang saya bawa-bawa (walau sudah ada eyeliner pengganti yang lebih saya cintai~). Alasannya: Satu, pengaplikasiannya gampang. Dua, eyeliner ini akan selalu punya tempat di hati saya (halah) karena berkat dia-lah saya bisa belajar bikin winged dan cat-eyes eyeliner----yang artinya eyelining skill saya sudah naik dari yang tadinya survival menjadi beginner!!

Took me about 1 year to level up, saya memang payah banget.

6) ETUDE HOUSE Oh My Eye Line


Udah nggak nyimpen barangnya juga. GARA-GARA WAKTU ITU PERSEDIAAN SAYA KEBANTING, TERUS PECAH. KZL. Pinjem gambar dari: http://chimera.mixrmedia.com/wp-uploads/flauntme/blog/2012/09/etude-house-oh-meye-line-liquid-eyeliner-1.jpg
Saya beli eyeliner ini atas rekomendasi dari temen kantor saya (waktu itu saya udah pindah kantor lagi, btw). Awalnya saya sangsi, soalnya produk ETUDE yang ada tulisannya WATERPROOF aja nggak begitu mempan buat nangkal kerajaan minyak, apalagi yang normal. Terus kata dia, bagusnya eyeliner ini adalah kalau luntur, jadinya nggak bakal kayak tinta yang blepotan/ bleberan kemana-mana, tapi bakal berwujud kering dan rontok gitu kalo dikelupas.

Maka saya tergoda untuk membelinya (via olshop, tentu saja hohohohoho). Saya beli dua, karena lagi promo buy 1 get 1--kalo ga salah inget harganya jadi around 70k. Hasilnya? Sesuai yang dibilang teman saya. Dipakai barengan eyelid tape, bisa bertahan sampai jam kantor selesai. Dipakai tanpa eyelid tape, bisa bertahan sampai tengah hari lewat, tapi beneran nggak smudged, cuma rontok-rontok aja.

Sayang banget yang kedua jatuh terus pecah sebelum sempet dipake. Takdir memang kejam. Dipake nggak, malah nambahin kerjaan ngepel. Pret.

Eniwei, at this point, saya udah ngambil kesimpulan bahwa untuk bisa ngebentuk eyeline yang macem-macem, such as cat eyes, puppy eyes, etc, jenis eyeliner yang paling mudah dipakai adalah: 1) pen eyeliner (well, it's a pen) 2) liquid eyeliner (agak lebih susah sedikit). Ada wanita-wanita yang lebih berbakat, yang bisa ngebentuk eyeline macem-macem tsb dengan memakai crayon eyeliner, tapi sayangnya saya bukanlah salah satu dari mereka. Pakai gel liner + kuas? Saya belum berani cobain gel liner lagi sampai sekarang. :p

7) REVLON Color Stay Liquid Liner


Eyeliner yang satu ini bisa dibilang game changer buat saya. Why? Because this is exactly what I'm looking for di sepanjang hidup saya (oke, lebai, maaf, tapi beneran, ini bagus).

Awal saya mulai pakai eyeliner ini adalah sekitar early 2016. Udah lama saya denger soal kemashyuran series Color Stay-nya Revlon, tapi baru kali itu saya tergerak buat nyambangin konternya dan beli. Konon, eyeliner Color Stay ini sempet ada yang versi pen-nya, tapi entah kenapa nggak dijual lagi di Indonesia, which is sad, because I'd prefer pen liners than liquid ones. Terpaksa saya harus puas dengan beli yang liquid. Harga belinya di konter 85k, tanpa kata 'around' atau 'kalo saya nggak salah inget', soalnya ini eyeliner favorit yang selalu dibeli. Hehe :p

Kendatipun begitu, saya batal ngeluh karena nggak ada yang pen. Eyeliner ini cocok banget buat saya. Pencerahan yang saya tunggu-tunggu dalam peperangan melawan kerajaan minyak. Bayangin, TANPA eyelid tape, eyeliner ini bisa bertahan dari pagi, sampai jam kantor selesai + makan malem dulu sama cowok saya! Saya juga nggak kesulitan bikin bentuk macem-macem memakai eyeliner ini.

Walau, bisa juga itu terjadinya karena saya udah keseringan pakai eyelid tape, sampai lipatan mata saya sekarang nggak lagi tersembunyi, melainkan udah mulai visible. Jadi si eyeliner bisa nongkrong lama-lama tanpa kegesek sama kelopak mata di atasnya. Eniwei, kalo udah waktunya luntur, Color Stay ini sama kayak si Oh My Eye Line, yang tintanya nggak bleberan/ blepotan, melainkan kering dan rontok sendiri. Ideal banget kan?

Pokoknya all hail Revlon Color Stay! All hail eyelid tape!

Kalo KAMU juga salah satu korban dari kerajaan minyak, kamu HARUS beli ini!!

8) MIZZU Perfect Wear Eyeliner Pen


Q: Loh, katanya udah nemuin eyeliner impian di no 7, kok masih ada nomor 8?
A: Itu karena aku ini wanita yang tak bisa setia hanya pada satu eyeliner saja.

Nggak gitu juga deh. Saya masih tetep lebih suka sama Color Stay-nya Revlon kok, cuma kebetulan aja kemarin pas saya lagi ke Glodok nyari eyeliner, saya nggak nemuin vendor yang jual produk yang saya cari. Plus, saya tetep kepengen punya pen liner yang bagus. Nah, ncim-ncim yang jualan make up ngerekomendasiin Mizzu pas saya nanyain eyeliner yang tahan lama. "Harganya 50k aja cici. Banyak yang beli ini lho."

Karena harganya pun juga cuma segitu, saya nggak bakal rugi-rugi amat kalopun hasilnya nggak sesuai harapan.

Lalu hasilnya... ternyata lumayan juga. Sekali lagi, saya nggak tahu apakah penyebabnya adalah kualitas, atau karena double eyelid saya yang baru kebentuk, but eyeliner ini tahan lama. Saya pakai dari rumah, panas-panasan naik gojek, terus ngantor sampai malem. Masih utuh, walau memang agak sedikit smudged. Kalau mulai dipakainya sejak tiba di kantor, dia masih bertahan sampai saya tiba di rumah malamnya. Keren kan?

Dan, sampai di sinilah perjuangan saya dalam mencari eyeliner yang sesuai dengan kulit berminyak saya.

Buat saya, belajar make up memang nggak gampang. Tapi saya tetep bela-belain belajar, sekalipun eyelining itu super susah buat saya, dan sempet bikin saya trauma. Saya juga sempet minder karena pas yang lain udah mulai bisa, saya nggak bisa-bisa. Dan karena nggak bisa-bisa, hati saya sempet menjadi kerdil dalam memandang orang-orang yang bisa. I used to hate fellow girls who wear make up and judged them harshly as being 'fake', but looking back at myself now, I realized that it was just because I could not put on make up as well as they did. Wearing make up doesn't necessarily mean that you use a mask to conceal your real self. Ada satu kutipan yang saya suka banget dari buku Eleanor & Park soal ini, waktu Eleanor pakai make up dan ngerasa nggak nyaman karena keliatan nggak kayak dirinya yang biasa, Park bilang:

"You look like you. Only with the volume turned up."

Yang menurut saya, artinya, as long as your intention in wearing make up is NOT to turn into somebody completely different, you are not concealing your true self. You just enhance the beauty that you always have in you. And that is not wrong at all. It's actually necessary in order to grow as a woman.

Sekali lagi, saya bukan beauty blogger, dan tetap nggak punya niatan dan bakat to be one. Tapi perjalanan mencari eyeliner ini sesuatu banget buat saya, yang juga melibatkan personal growth saya dalam menjadi dewasa.

Blog saya yang baru ini nggak populer, and I don't actually expect people to read this post. But I'm still writing it anyway, because I wanted to. Whoever you are, if you happen to stumble at this post, hopefully you'll find it useful, especially kalau kamu juga bermasalah dengan eyeliner atau oily face. ;)

Salam syahaha.

1 komentar: