Kamis, 26 Desember 2013

INI REVIEW, BUKAN RANT: Shoujo Manga (1)

Intermezzo:

Finally! Tau nggak sih, kalau akhirnya saya berhasil ngumpulin tekad buat bikin blog baru... itu adalah dorongan hasrat saya untuk nulis postingan yang satu ini!

Jadi gini, selama setahunan ini nggak ngeblog, saya berasanya udah baca lumayan banyak shoujo manga (despite kesibukan dalam hal kuliah, kerja, fangirling, stress, galau, depresi-pasca-kegagalan-dalam-bersosialisasi, and such). Ada banyak juga hal-hal yang kepengen saya luapkan dalam bentuk rant review.

Kalo mau baca rant review saya yang sebelumnya, boleh mampir dulu ke sini (tapi kalo bisa jangan intip-intip postingan malu-maluin lain di rumah lama saya tsb ya, I BEG YOU :'( ).

Okelah. Pada dasarnya, biarpun saya suka baca shoujo manga, aktivitas saya sebagai fangirl berkiblat Korea selama beberapa tahun ini bikin saya nggak banyak baca. Saya baru ngejar ketinggalan saya akhir-akhir ini. Makanya jangan heran kalo judul-judul yang saya lempar sini udah jadi must-read atau malah pasti-udah-baca-lah para penggemar shoujo manga di seluruuuhhh dunia (lebai).

Just in case ada yang mau ngasih saya rekomendasi manga lain (yang non mainstream atau bukan shoujo), akan saya sambut dengan senang hati. Just remember kalo preferensi saya: artworknya nggak kelewat real sampe serem, elemen romancenya punya porsi gede/ influential dalam keseluruhan plot, dan bakal lebih bagus kalo ada unrequited love-nya serta bertabur angst. Sebelumnya, tolong kasih warning juga soal apakah cerita ini dark/ringan dan endingnya happy/nggantung/sad, supaya saya bisa nyocokin jadwal bacanya sama mood saya. Soal genre, saya ga gitu milih-milih, walau favorit saya sejauh ini tetep shoujo/ fantasy/ school life.


*ditenggelemin karena udah minta rekomendasi, tapi malah ngasih list preferensi yang super berbelit-belit*

List ini nggak diurutin berdasarkan peringkat atau apa. Random aja.

1. Faster Than A Kiss - Tanaka Meca (9/10)

Saya udah suka sama pengarang ini semenjak baca Natural Pearl Pink. Sama kayak Strobe Edge, manga ini juga bikin saya ended-up baca ulang, ulang, dan ulang lagi. Bukan karena saya punya pengalaman pribadi merit sama guru kelas saya (yaiyalah), melainkan karena Ojiro-sensei itu tipe saya buaaaanget. Manis, baik hati, dewasa, jago bahasa Inggris, agak iseng (dia cenderung sadist sih sebenernya), dan keliatan tambah ganteng pake kacamata dan kemeja. Kurang apa lagi coba. *dilempar ke laut*

Bagian awal yang jadi pondasi terjadinya keseluruhan cerita ini adalah ajakan si sensei supaya Fumino merit sama dia, yang dilontarkan on the spur of the moment (insert emot dulu: -___-). Sepanjang ngebaca manga ini, saya beneran masih ga yakin sama hal tsb. Tapi kemudian dijelasin di akhir kalo ternyata tindakan nekat (dan bego) itu nggak pernah bener-bener terjadi, dan selama ini mereka nggak secara resmi menikah. Lol, pantes aja si Kazuma bersikeras "menahan diri" sampai sejauh itu. Biarpun saya yang udah terlanjur kebawa perasaan jadi kasian dan sayang gitu sama Fumino yang patah hati, saya rasa revelation ini udah nyelamatin nih cerita dari keabsurdan maha dahsyat. Walau akhirnya mereka nikah beneran sih. Saya pikir, penyelesaiannya pas. Emang begitu seharusnya. Hehe.

Ini bacaan yang nggak akan saya lupain dengan gampangnya, karena premis ceritanya yang unik, plus sayanya sendiri yang ngulang-ngulang baca *plak*. Manga ini termasuk yang sweet aja. Nggak banyak sedih yang gimana-gimana, malah banyakan lucunya. In short, menurut saya ini easy-reading yang super worth-reading.

2. Kimi ni Todoke - Shiina Karuho (10/10)

Saya rasa semua orang pasti udah tau KNT, termasuk mereka yang makanan sehari-harinya bukan shoujo manga.

To be fair, cewek biasa/ invisible/ bully-able yang naksir cowok paling populer di sekolah itu mungkin layak dimahkotai sebagai Premis Cerita Percintaan Remaja Paling Klise Sedunia. Tapi KNT ini kerasa beda. Mangakanya beneran tahu apa yang dia perbuat, dan bukannya sekedar bikin cerita bertabur fanservice aja. Saya kira manga ini nggak cuma bicara soal cinta, tapi juga soal hubungan manusia, keberanian untuk berubah, pilihan hidup, pentingnya pengaruh keluarga, perjalanan menemukan jati diri, dan lain-lain, tanpa harus mengubah tone ceritanya jadi dark atau kesisipan tag tragedy (kayak Gakuen Alice, zzz -_- ). Satu hal lain yang saya suka dari KNT adalah betapa semua karakternya natural, dengan latar belakang yang menarik.

Sampai sejauh ini, manganya belom completed. Saya harap-harap cemas semoga manga ini nggak akan dragging sampai kelewatan. Sejauh ini, saya pikir hook cerita ini emang udah nggak setajam pas bagian sebelum Sawako dan Kazehaya jadian, tapi sampai sini perkembangannya masih enak buat diikutin kok. Satu hal yang paling saya syukuri, perkembangan karakter-karakternya--salah satu daya tarik utama manga ini (imo), bergerak ke arah yang makin likeable dan meaningful. Rasa-rasanya sih, biarpun hypenya emang menurun, manga ini belum sampai kehilangan arah ("kehilangan arah" itu macem shitnetron Indonesia yang awalnya lumayan, terus karena ratingnya bagus, dipanjang-panjangin. and thus, ceritanya makin lama makin kayak butiran debu, buyar ke segala penjuru dan nggak ada maknanya). Jadi saya akan tetap ngikutin dan belum ngerasa perlu nurunin rating yang saya kasih di atas.

3. Hiyokoi - Yukimaru Moe (8/10)

Sebenernya, pas awal-awal, saya suka banget sama manga ini. Karena saya bisa relate diri saya sendiri sama Hiyorin yang pendek dan pemalu. Hehe. *dijambak* Tapi ya, lama kelamaan, saya irritated sendiri ngeliat si Hiyorin itu. Kalo dibandingin sama Sawako di KNT, yang awalnya sama-sama socially challenged dan terlibat sama cowok populer di sekolah... ada sih, perkembangannya si Hiyorin itu. Tapi ya, kerasa gitu aja, nggak terlalu meaningful. Kesannya kayak dianya sendiri nggak gitu berusaha, dan malah lingkungannya yang pelan-pelan bisa nerima dia. Yuushin juga. Karakternya nggak realistis. Bukan berarti male lead di shoujo manga biasanya realistis sih :v, tapi ya, seenggaknya biasanya mereka punya ciri khas flaw tertentu gitu (kayak Kazehaya yang polos dan apa adanya--dua trait yang jadi plus sekaligus minusnya). Yuushin ini ngga. He is so perfect. Tall, sweet, sensitive, thoughtful, and understanding. Hohoho. Yah, kalo saya jadi Hiyorin yang punya cowok kayak Yuushin, wajar kali ya kalo saya juga nggak akan berusaha-berusaha banget buat berkembang. *siul-siul*

Ngebandingin lagi sama KNT, yang ceritanya juga memasuki babak baru setelah kedua tokoh utamanya jadian, Hiyorin dan Yuushin ini setelah jadian juga kayak gitu-gitu aja. Malah saya udah mulai greget sama perulangan: Yuushin berusaha ngelakuin sesuatu yang bikin hubungan mereka naik level, abis itu Hiyorin kabur-kaburan karena malu. Awalnya sih lucu aja. Tapi lama-lama... duh, tolong putuskan lingkaran setan ini biar progress ceritanya bisa dibikin lebih cepet.

Manga ini dragging. Nggak parah-parah banget sih, cuma kadar ngeboseninnya pelan-pelan meningkat gitu di tiap volume, terutama setelah mereka jadian. Saya lebih suka beta couplenya, Ritsuka sama Kou. Menurut saya karakter mereka jauh lebih lovable. Saat ini saya nunggu-nunggu kelanjutan Hiyokoi, lebih karena saya penasaran sama mereka.

4. Arakure - Fujiwara Kiyo (7/10)

Arakure ini... entah harus ngomong apa. Ini bacaan enteng buat saya, terlepas dari entah mangakanya emang memaksudkannya begitu atau nggak. Apa karena pengaruh jumlah halaman, gaya pengarang ngegambarin konflik-konfliknya (yang hampir semuanya klise atau ketebak), atau karena karakter-karakternya gabisa saya take seriously... saya juga nggak ngerti.

Sachie ini Mary Sue. Everybody loves her and will die to protect her (ngerti kan, kenapa saya bilang saya ga bisa take these characters seriously?). Alasannya sih adaaaa, yaitu karena dia cantik, punya strong sense of justice, lalalala lililili. Tapi buat saya, dia cuma cewek annoying, tukang bikin masalah, dan perlu belajar kapan mesti ngerem the so called 'strong sense of justice'nya itu. (Really, I think she is just bad-tempered.)

Rakuto, on the other hand, kayaknya mau dibikin ala cowok dingin+kalem yang misterius gitu. Tapi karena ceritanya sendiri termasuk mainstream buat saya, he is an opened book. Ufufu. Bagian-bagian dimana dia ngelakuin aksi-aksi heroik buat nyelamatin Sachie (setelah cewek itu sukses ngelibatin dirinya ke dalam masalah) bukannya bikin saya squealing, malah like "oh, oke. I totally didn't see that coming... yeaaaaa srsly." Adegan-adegan dimana dia manggil Sachie "princess" atau dimana dia treats her like one, lumayan vomit inducing. Walau kadang sedikit sweet juga sih.

Bagusnya sih, saya baca ini ga pake banyak-banyak mikir. After impactnya juga nggak gede, kalo bukannya sama sekali nggak ada. Yang bikin saya masih bersedia ngasih nilai tujuh sih, karena meski nyebelin untuk alasan-alasan yang saya sebut di atas, manga ini ngalir aja pas dibaca, dan kalo lagi lucu, bisa bikin saya cengengesan gajelas.

5. Strobe Edge - Sakisaka Io (10/10)

Manga ini bener-bener pasti bakal kesebut kalo ada orang yang nyari rekomendasi cerita unrequited love. It is that good, indeed.

Ada banyak hal yang saya sukain dari manga ini. Sebut aja, pesannya mengenai gimana dua orang yang tadinya saling menyayangi, ternyata at some point mereka udah nggak cocok lagi. Bukan berarti perasaan sayang mereka dulunya nggak tulus, melainkan karena people change. Dan perubahan-perubahan itu, beserta perpisahan yang datang setelahnya, harus diterima manusia sebagai bagian dari perjalanan menuju kedewasaan.

Yang lainnya: semakin kita dewasa, daftar prioritas kita juga nggak lagi sama seperti dulu. Tahu-tahu aja, hal yang dulunya penting buat kita mendadak udah nggak relevan lagi, digantikan hal lainnya yang bahkan nggak pernah kita consider dulu.

Ada juga soal betapa kita nggak pernah bisa bener-bener melarikan diri dari cinta. Cinta itu cuma bisa dihadapi dengan berani supaya nantinya nggak ada penyesalan, nggak peduli kayak apapun kondisinya.

Saya juga suka gimana karakter-karakter utama di cerita ini abu-abu. Ren bisa aja dipandang sebagai pria jerk yang karena ngambil keputusan yang salah, pada akhirnya ngelukain Mayuka dan Ninako sekaligus. Mayuka, bisa dipandang sebagai cewek tipe Betty yang cantik dan percaya diri, dan menghalangi tokoh utama dalam mendapatkan si cowok (bikin hati Ninako si tokoh utama berdarah-darah dan sebagainya). Ninako, sebagai salah satu penyebab putusnya Ren dan Mayuka, bisa dipandang sebagai orang ketiga/ tukang nyalip. Andou... well, he does act mean and bitter toward Ren, dan sedikit banyak berusaha ngomongin hal-hal yang bikin Ren jadi gegalauan. Padahal aslinya mereka semua cuma korban cinta yang datang dan pergi dan semua itu bukan salah siapa-siapa. Hahaha.

Walau ada juga lucu-lucuannya, saya lumayan banyak nangis pas pertama kali baca ini. Ini berkesan banget, apalagi kalau pembaca juga pernah ngalamin unrequited love, atau putus cinta karena masalah serupa. Hehehe.

--bersambung ke part selanjutnya--

1 komentar:

  1. ehm. untuk saran lebih bagus lagi postingannya pakai gambar.

    BalasHapus